LATIHAN KONTRAKSI ISOMETRIK


Pengertian Kontraksi isometrik ialah kontraksi otot yg tidak disertai perubahan ukuran panjang, sehingga tidak terjadi gerak sendi, tetapi hanya terjadi kenaikkan tonus otot.

Teknik latihan kontraksi isometrik.

1.Diberi contoh dan pasien diminta untuk menirukan
2.Diminta menggerakkan bagian yg akan dilatih tetapi ditahan oleh terapisnya sehingga tidak terjadi gerakan.
3.Melakukan aktifitas tertentu sehingga otot yg akan dilatih berfungsi sebagai fiksator
4.Diminta mendorong sesuatu yg tidak mungkin bergerak.

Efek dan Penggunaannya.

1.Mencegah atrofi otot, digunakan pd kasus immobilisasi misalnya patah tulang yg sedang dipasang gips atau fiksasi lain.
2.Membangun volume otot, digunakan pada binaragawan atau otot yg atrofi.
3.Mengulur otot yg memendek, digunakan latihan Hold relax untuk menambah ROM sendi.
4.Meningkatkan stabilisasi sendi, digunakan pada kasus instabilitas sendi misalnya latihan rythmic stabilisasi pada pasien ataxia cerebellum.
5.Berakibat menaikkan tekanan darah, karena itu tidak baik bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Misalnya static bicycle, karena kedua tangan memegang stang berarti terjadi kontraksi isometrik otot lengan. Hati-hati kalau melatih pasien jantung dengan sepeda, harus sering kali kedua tangan lepas stang dan digerakkan.
6.Terjadi benturan tulang pd permukaan sendi, sehingga bagi sendi yg cidera bisa bertambah buruk. Karena itu hati-hati, jika perlu lakukan pada posisi sendi MLPP
(Maximaly Lost Pack Position) dimana space atau ruang diantara tulang pembentuk sendi paling lebar.
7. Menghilangkan/mengurangi edema (lymphoedema).


Dosis latihan : sesuai dg percobaan Hettinger and Muler
Frekuensi : setiap hari
Intensitas : maximal isometric contraction
Time : 6 sec /kontraksi
Type : kontraksi isometrik
Repetisi : 20 x kontraksi /20 sec. Interval / sesi latihan
Selama 9 mg rata-rata kekuatan otot naik 165 %, dan setelah 12 mg naik 170 %
Hypertrophy rata-rata naik 13 % diukur sircumferentia dlm mm.
Posisi sendi paling optimal jika dilakukan pada sudut sendi dimana otot secara mekanik menghasilkan output yang tertinggi (bisa diukur dengan dinamometer), atau jika tidak ada alat ukur bisa dilakukan dengan evaluasi subyektif oleh pasien maupun terapis.


Untuk mengurangi edema :

1. Sebaiknya dilakukan pada posisi elevasi
2. Bagian anggota yang edema mengenakan elastis bandage, dan sesudah latihan memakai garmen yang elastis.
3. Fase kontraksi 1 sec sdangkan fase relaks 5 sec. Ini seuai dengan fase pengosongan dan pengisian pd lymphatic collector (Piller at al 1992).
4. Latihan juga termasuk deep breathing agar memberikan tekanan negatif pada rongga toraks, sehingga cairan limfe mengalir lebih cepat di thoracic duct.
5. Otot yang dilatih dimulai dari otot-otot trunk dan lebih konsentrasi pada otot-otot besar mulai dari proksimal ke distal pada anggota yang edema.
6. Latihan dianjurkan setiap jam sekurangnya 3-5 menit.




1 comments:

sumitro wijoyo kusumo said...

ARTIKELNYA BAGUS BANGET GAN ... POSTINGNYA DITAMBAH LAGI DONK.. MAKASIH YA GAN... OIYA YANG PENGEN BACA BACA ARTIKEL UNIK DAN FOTO FOTO GOKIL ...JANGAN LUPA MAMPIR KE BLOG ANE YA. TINGGAL KLIK SALAH SATU.......

===>> BRA PALING UNIK DI DUNIA
===>> FOTO - FOTO KEJADIAN LUCU
===>> KOLEKSI FOTO HOT LUNA MAYA GA PORNO
===>> FOTO PESAWAT TERCEPAT DI DUNIA
===>> ARTIKEL CARA2 MENINGKATKAN LIBIDO
===>> ARTIKEL HACKER CANTIK DUNIA
===>> CIRI CIRI CEWEK KALO MAU ML
===>> FOTO FOTO KOTA ANTIK DI DUNIA
===>> CARA AGAR WANITA CEPAT ORGASME
===>> ARTIKEL BAHAN HERBAL PEMBANGKIT LIBIDO
===>> CARA BERCIUMAN YANG BENAR
===>> 10 KEBIASAN PRIA YANG DIBENCI WANITA
===>> FOTO FOTO ARTIS CANTIK HOLYWOOD
===>> CARA AGAR WANITA CEPAT MINTA KAWIN
===>> RAHASIA WANITA CEPAT INGIN ML

TRIMA KASIH AGAN... SALAM SUKSES AJA BUAT AGAN BLOG YA.....
SMOGA BLOGNYA TAMBAH RAMAI PENGUNJUNGNYA...


---------->>>> TRIMS YA.....

Post a Comment